Iklan

Kepala Desa Panggung Rejo Diduga Berkelit Pengembalian Pinjaman Dana BUMDes

Senin, 27 November 2023, November 27, 2023 WIB Last Updated 2023-11-28T07:09:08Z


Mesuji ,Buserfaktapendidikan.com 

Kepala desa Panggung Rejo Kecamatan Rawa Jitu Utara Kabupaten Mesuji Diduga gelapkan Dana BUMDes sebesar Dua Puluh Juta Rupiah, demikian informasi Senin (27/11/2023)



Pasalnya, pada 2019, 17 Oktober Kepala Desa Panggung Rejo, Ropiah meminjam dana BUMDes Sebesar Rp. 20.000.000,- dengan tujuan untuk kegiatan HUT Kabupaten Mesuji pada 2019 dan akan dikembalikan dengan tempo waktu 3 bulan.

Bahkan, Kepala Desa Panggung Rejo, juga membuat Surat Pernyataan meminjam duit anggaran BUMDes dengan isi pernyataan:

1. Pihak pertama telah mengajukan pinjaman sebesar Rp. 20.000.000,. (Dua Puluh Juta Rupiah) kepada pihak kedua yang di mana uang tersebut adalah hutang atau pinjaman.

2. Pihak pertama dan pihak kedua telah sepakat, bahwa pembayaran pinjaman pihak pertama dilakukan dengan cash tempo 3 bulan. Pihak pertama kepada pihak kedua sebanyak Rp. 20.000.000, (Dua Puluh Juta Rupiah) beserta bunganya 5% terhitung dari ditandatanganinya Surat Perjanjian itu.

3. Apabila di kemudian hari ternyata pihak pertama tidak membayar hutang kepada pihak kedua maka pihak pertama bersedia dikenakan sanksi atau denda atau dibawa ke pihak berwajib dari pihak kedua.

4. Surat perjanjian ini dibuat dan ditandatangani kedua belah pihak secara sadar tanpa tekanan dari pihak manapun, bertempat di Panggung Rejo, Kamis 17 Oktober 2019 seperti tersebut di atas.

Namun faktanya pada saat ini kepala desa Panggung Rejo Ropiah Diduga belum juga mengembalikan Dana Anggaran BUMDes yang telah dipakai/pinjam pada 2019 lalu.

Sukmo selaku ketua BUMDes saat dikonfirmasi awak media terkait anggaran BUMDes yang telah dipakai Kades Panggung Rejo tersebut, "Mengatakan anggaran BUMDes yang telah dipinjam Kades Panggung Rejo Ropiah pada saat ini juga belum dikembalikan."

Kalau dihitung-hitung Anggaran BUMDes selama 4 tahun dipakai Ibu Kades seperti mana dalam perjanjian dengan bunga 5% saya tidak tahu sudah jadi berapa. Ucapnya kepada team awak media.  (TIM)

Komentar

Tampilkan

  • Kepala Desa Panggung Rejo Diduga Berkelit Pengembalian Pinjaman Dana BUMDes
  • 0

Terkini