Iklan

Jaksa Jaga Desa, Dalam Pengelolaan Keuangan Desa Khususnya Dana Desa

Kamis, 14 Desember 2023, Desember 14, 2023 WIB Last Updated 2023-12-14T15:09:19Z



Kabupaten Toba. Buser Fakta Pendidikan

Bertempat di kantor Desa Sinar Sabungan, Kecamatan Bonatua Lunasi, Kabupaten Toba (12/12/2023) tempat diadakannya sosialisasi Jaksa Jaga Desa dalam hal Pengelolaan Keuangan Desa yang Transparan, Akuntabel dan Partisipatif.

Dalam pemaparannya Kacabjari Porsea, Zefri Simamora SH, MH, didampingi Kasubsi Pidum dan Pidsus Devi Sinaga SH, Jaksa Fungsional Kiki Butar Butar SH, dan Staf Bidang Intelijen Elfryanti Pardede, mengatakan, bahwa tujuan Jaksa Masuk Desa adalah memberikan masukan atau arahan agar dalam Pengelolaan Keuangan Desa berdasarkan azas transparan, akuntabel dan partisipatif.

Lebih lanjut, Kacabjari Porsea Zefri Simamora SH, MH, Bahwa Kejaksaan (Cabang Kejaksaan Negeri Toba Samosir) dapat memberikan masukan atau bimbingan kepada masyarakat dalam hal permasalahan Hukum yang sedang dihadapi, dalam hal perdata.

Fungsi lain dari pada Jaksa Masuk Desa adalah dalam pencegahan, yang dalam hal ini adalah memberikan pelayanan, penyuluhan Bidang Hukum serta membantu tata kelola dan keuangan desa yang baik,

Sehingga kepala Desa maupun perangkat Desa tidak takut atau ragu dalam penggunaan Dana Desa demi kepentingan dan kesejahteraan masyarakat di desa.

Transparan, maksudnya adalah, bahwa semua informasi terkait penggunaan Dana Desa, disajikan secara terbuka dan mudah diakses masyarakat, Akuntabel adalah Pengelolaan keuangan desa yang dapat dipertanggungjawabkan secara Hukum terhadap hasil yang dicapai.dan Partisipatif adalah mengikutsertakan masyarakat dan kelembagaan yang ada di Desa. Dan mengajak masyarakat Desa Sinar Sabungan bergandeng tangan merubah wajah Desa Sinar Sabungan yang lebih baik lagi dari sekarang.

Sementara itu, Kepala Desa Sinar Sabungan, Bernad Tambunan, sangat mengapresiasi kegiatan ini, terutama pemaparan yang disampaikan Bapak Ibu dari Cabang Kejaksaan Negeri Porsea, ujar Kepala Desa Sinar Sabung. Dan mengajak masyarakat Desa Sinar Sabungan bergandeng tangan merubah wajah Desa Sinar Sabungan yang lebih baik lagi dari sekarang. (Red/P. Sinaga)


Komentar

Tampilkan

  • Jaksa Jaga Desa, Dalam Pengelolaan Keuangan Desa Khususnya Dana Desa
  • 0

Terkini