Iklan

Kadishub Klaim Anggaran 'Halte Sultan' Terbuka dan Transparan

Rabu, 24 Januari 2024, Januari 24, 2024 WIB Last Updated 2024-01-24T12:38:44Z

 


Kota Bekasi, Buserfaktapendidikan.com

Puluhan mahasiswa Komisariat PMII STIE Mitra Karya menggeruduk Gedung Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi, Rabu (24/1/24). 

Kedatangan mahasiswa ini sebagai aksi adanya dugaan tindakan praktik korupsi pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi dalam pemeliharaan 32 titik Halte dan pemeliharaan 10 Halte yang terjadi tak sesuai harapan dengan anggaran yang diturunkan pada APBD TA 2023. 

"Saya menduga ada beberapa kejanggalan dalam pemeliharaan Halte ini. Karena melihat dari pada Pemeliharaan 32 titik Halte TA 2023 pada April. Lalu pada Tahun yang bersamaan TA 2023, November dilakukan pemeliharaan 10 Halte," ucap Muhamad Bayu selaku Korlap Aksi kepada awak media. 

Hal ini pun menjadi pertanyaan para pendemo terkait urgensi pembangunan Halte yang disebut Halte 'Sultan'. Pasalnya, ada Halte baru yang dibangun berdampingan dengan Halte yang lama. 

Tak hanya itu, menurut Bayu, setelah proses investigasi ke beberapa Halte, mahasiswa pun melihat banyak sekali fasilitas Halte yang tidak bisa digunakan, seperti lampu, charger, dan sound audionya yang tidak dapat berfungsi. 

“Dalam hal yg bersamaan saya mendesak kepada pihak Kejaksaan Negri Kota Bekasi untuk melakukan audit investigasi dalam kasus pemeliharaan Halte Sultan tersebut,” tegasnya. 

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Bekasi, Zeno Bachtiar menyampaikan kepada para aksi mahasiswa PMII Kota Bekasi terkait keterbukaan atau transparansi anggaran revitalisasi Halte yang sudah terpublish di dalam website LPSE. 

"Anggaran semuanya terpublish, tidak ada yang tertutupi dengan hal tersebut. Rp133 juta sampai Rp175 juta untuk revitalisasi Halte itu semua terbuka," pungkas Zeno. 

Zeno pun membantah, bahwa pembangunan Halte bukan senilai Rp800 juta. Namun, bervariasi sesuai dengan volume dan sesuai dengan dimensinya. 

"Ini yang paling penting, transparansi anggaran, akuntabilitas, pertanggungjawaban anggaran sangat penting bagi kami. Saya pun selaku Kadishub pasti mempertanggungjawabkan anggaran itu," pungkas Zeno. (Red)

Komentar

Tampilkan

  • Kadishub Klaim Anggaran 'Halte Sultan' Terbuka dan Transparan
  • 0

Terkini