Iklan

Pemkab Mesuji Menggelar Forum Konsultasi Publik, RPJPD 2025-2045 di Aula Tabek-Oi

Selasa, 12 Desember 2023, Desember 12, 2023 WIB Last Updated 2023-12-12T14:25:31Z


Mesuji ,Buserfaktaprndidikan.com 

 Pemerintah Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung menggelar Forum Konsultasi Publik dengan Penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Mesuji 2025-2045 yang di gelar di aula Tabek Oi. Selasa, (12/12/2023).

Dalam acara tersebut langsung dibuka Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mesuji Syamsudin dalam forum konsultasi publik penyempurnaan rancangan awal rencana pembangunan jangka panjang daerah Kabupaten Mesuji 2025-2045.

Dalam sambutannya Sekertaris Daerah Kabupaten Mesuji Syamsudin menyampaikan Forum konsultasi publik rancangan awal RPJPD 2025-2045 merupakan forum untuk memperoleh masukan penyempurnaan dengan para pemangku kepentingan yang selanjutnya dirumuskan dalam berita acara yang ditandatangani setiap unsur yang mewakili pemangku kepentingan.


Melalui pelaksanaan konsultasi publik ini diharapkan dapat menghimpun masukan para pemangku kepentingan terhadap visi misi, isu strategis, sasaran pokok dan arah kebijakan dalam dokumen Ranwal RPJPD Kabupaten Mesuji 2025-2045.

Mesuji dalam Penyusunan perencanaan jangka panjang dua puluh tahun ke depan, perlu menjawab permasalahan dan isu strategis melalui arah kebijakan yang tepat sasaran. Adapun isu strategis tersebut antara lain :

Rendahnya daya saing sumberdaya manusia

Belum optimalnya pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan

Rendahnya aksesibilitas dan dukungan penyediaan layanan infrastruktur dasar dan Infrastruktur Publik

Belum optimalnya Tata Kelola dan pelayanan pemerintahan

Isu tersebut menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Mesuji dan diharapkan menjadi prioritas dalam menyusun Arah Kebijakan pada Tahun 2025-2045.

Selanjutnya melalui Konsultasi Publik RPJPD ini beberapa hal ingin saya tekankan untuk menjadi perhatian kita bersama yaitu:

Pertama, Pada Tahun 2024 kita akan melaksanakan Pemilihan Umum, diharapkan untuk seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta dalam menyukseskan dan menjaga kondusifitas keamanan demi tertib pelaksanaan Pemilu yang Jujur dan Adil (Jurdil).

Kedua, Penyusunan Rancangan Awal RPJPD harus menjawab isu strategis dan Permasalahan pembangunan selama dua puluh tahun ke depan.

Ketiga, dengan keterbatasan anggaran yang ada saya berharap kebijakan pembangunan untuk fokus pada hal yang sangat prioritas.

Keempat, dengan Potensi Sumberdaya Alam yang belum termanfaatkan secara optimal diharapkan terus melakukan inovasi dan kreatifitas dalam pembangunan.

Kami berharap tercipta sinergi yang baik antara pemerintah dan masyarakat. Keterlibatan aktif dan konstruktif dari masyarakat akan membantu memastikan implementasi RPJPD sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. Kami siap mendengar setiap masukan dan bersama-sama membangun Mesuji yang lebih baik.

“Oleh sebab itu Dalam merancang RPJPD Kabupaten Mesuji, penting memastikan, bahwa suara setiap elemen masyarakat terdengar. Saya mengajak semua lapisan masyarakat, termasuk perwakilan dari berbagai kelompok, untuk turut serta dalam memberikan masukan dan saran. Kita perlu memastikan, bahwa rencana pembangunan ini benar-benar mencerminkan kebutuhan dan aspirasi seluruh warga Mesuji,” tutupnya.

(Red/Alkad).

Komentar

Tampilkan

  • Pemkab Mesuji Menggelar Forum Konsultasi Publik, RPJPD 2025-2045 di Aula Tabek-Oi
  • 0

Terkini